Tuesday 7 February 2017

Prestasi Diri - PKn Kls IX Bab IV



PENJABARAN MATERI POKOK

1.    Pengertian Prestasi diri
a.      Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, prestasi adalah hasil yang telah dicapai dari yang telah dikerjakan atau dilaksanakan
b.      Dengan kata lain prestasi adalah hasil yang dicapai oleh seseorang setelah melalukan suatu kegiatan atau pekerjaan

 2.    Upaya-upaya yang dilakukan untuk mencapai suatu prestasi selalu ditandai dengan penggunaan cara-cara yang lebih baik, yaitu dengan cara :
a.      Kreatif dan Inovatif
      Kreatif berarti memiliki daya cipta, memiliki kemampuan untuk menciptakan.
      Inovatif berarti memperkenalkan sesuatu yang baru, bersifat pembaruan
      Ciri-ciri berpikir kreatif dan inovatif anatara lain :
-         Peka terhadap lingkungan
-         Dinamis dan progresif
-         Terbuka

b.      Bertanggung jawab
Tanggung jawab adalah kewajiban yang harus dilakukan untuk menyelesaikan suatu tugas yang dibebankan dengan cara dan hasil yang baik. Langkah yang dapat dilakukan antara lain dengan membuat skala prioritas, fokus pada program dan penjadwalan serta optimalisasi kegiatan.

c.      Bekerja Keras
Bekerja keras dapat diwujudkan dalam bentuk selalu melakukan pekerjaan secara teratur dan bertanggung jawab, selalu disiplin dalam bekerja, selalu mengerjakan pekerjaan dengan baik dan benar

d.      Memanfaatkan sumber daya yang ada
Agar dapat mencapai prestsi yang maksimal, perlu kita memanfaatkan sumber daya yang tersedia, baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam. Sumber daya alam yang melimpah tidak akan mempunyai arti apabila tidak dikelola dengan sebaik-baiknya. Agar dapat mengelola sumber daya alam dengan baik, diperlukan manusia-manusia yang cerdas, terampil dan bertanggung jawab

3.    Adapun faktor-faktor yang menentukan besar kecilnya peluang untuk meraih prestasi antara lain sbb:
a.      Kualitas diri
Kualitas diri meliputi kualitas fisik dan kualitas mental. Kualitas fisik dapat berupa kemampuan , kesehatan aau kebugaran jasmaniah yang benar-benar prima agar            mampu bekerja keras dalam menjalankan tugas guna guna mendapatkan hasil yang      optimal. Sedang kualitas mental adalah kemampuan inelektual. kemampuan      mengendalikan emosi, kesiapan dalam bekerja dengan orang lain serta cakap dan   terampil dalam menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya
     
b.      Dukungan masyarakat
Dukungan masyarakat baik secara material maupun moral merupakan modal yang sangat besar untuk merebut peluang. Kegiatan apapun tidak akan dapat terwujud dengan baik tanpa dukungan masyarakat

c.      Strategis yang jitu
Dalam melakukan kegiatan, peluang sukses akan lebih besar jika menggunakan strategi yang tepat sehingga pelaksanaannya akan lebih berbobot dan sampai pada sasaran yang dituju. Strategi seharusnya telah disusun pada saat perencanaan dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan lawan dan tidak tertutup kemungkinan dengan perubahan situasi nyata di lapangan, strategi yang sudah diterapkan dapat terjadi perubahan-perubahan.

d.      Sarana dan prasarana
Tidak kalah pentingnya sarana dan prasarana merupakan faktor pendukung yang sangat menentukan dalam meraih peluang. Kegiatan apapun tanpa didukung sarana dan prasarana, peluang mendapatkan keberhasilan sangat kecil. Sebaliknya dengan sarana dan prasarana yang memadai peluang mendapatkan keberhasilan tentu akan lebih besar

e.      Nasib baik dan keberuntungan
Meskipun segala daya dan upaya sudah dilakukan secra maksimal, kalau nasib atau keberuntungan belum berpihak pada kita, peluang yang sudah di depan matapun bisa lepas. Oleh karena itu setiap daya dan upaya harus disertai dengan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa . Karena manusia boleh merencanakan, tetapi Tuhan segalanyalah yang menentukan

4.    Menurut  KH Abdulah Gymnastiar (AA Gym) ada lima hal yang dapat memacu seseorang menjadi pribadi yang prestatif, yaitu sebagai berikut :
a.      Percepatan Diri
      Salah satu kunci untuk memacu prestasi diri adalah kemampuan mengelola waktu. Orang akan unggul adalah orang yang berbuat lebih banyak dari orang lain dalam hal rentang waktu yang sama. Segala bentuk kemalasan, keengganan harus dibuang jauh kalau kita ingin masa depan yang cerah. Bagi mereka yang mendambakan keunggulan, ketika melihat orang lain belajar lima jam, maka dia harus punya bonus belajar lebih dari porsi lima jam. Demikianlah  salah satu ciri orang yang unggul adalah memiliki kebiasaan melakukan sesuatu di mana orang lain enggan melakukannya

b.      Sistem yang Kondusif
Seandainya kita sudah memiliki percepatan diri, maka kita harus masuk ke dalam sistem nilai atau lingkungan yang membuat kita dapat bergerak lebih cepat. Artinya sistem yang kita masuki sangat mempengaruhi percepatan diri. Salah dalam memilih lingkungan, akibatnya  akan segera kita rasakan. Kita harus mencari sistem lingkungan dan teman-teman pergaulan yang berkualitas, unggul, terjaga memiliki kehalusan budi

c.      Berdaya Saing Positif
      Kita menjadi unggul yang ketiga adalah memiliki naluri berdaya saing positif. Dalam setiap kesempatan dan lingkungan kita harus memiliki naluri berdaya saing positif. Kadang pesaing sering kita anggap musuh. Padahal pesaing itu adalah karunia yang tak ternilai dan akan memacu kerja kita lebih berkualitas. Sebaliknya yang membuat kita terpuruk itu bukanlah musuh, tetapi kualitas dan kemampuan kita sendiri yang terbatas, kita hancur oleh diri kita sendiri
      
d.      Mampu Bersinergi
Jika kita ingin unggul, nikmatilah hidup dengan bersinergi, bekerjasama dan bersatu antara satu dengan yang lainnya. Kita harus senagn hidup bersama dengan yang lain dalam arti positif

e.      Manajemen Kalbu (Hati)
Pribadi yang unggul dan prestatif adalah pribadi yang mampu mengendalikan suasana hatinya. Misalnya mampu mengelola konflik dalam hidup bersama. Konflik bukan untuk dihindari atau dihilangkan, tetapi harus kita kelola agar menjadi kekuatan yang positif. Banyak fakta membuktikan hancurnya sebuah organisasi lebih disebabkan karena pengelolaan hati para pengurusnya kurang baik. Untuk dapat mengelola hati dengan baik, bekal utamanya adalah ilmu. Seseorang itu berubah bukan karena tahu, tetapi karena paham. Orang paham karena ada informasi atau ilmu. Bagaimana kita dapat membersihkan hati kita jika tidak tahu ilmu tentang hati. Oleh karena itu, luangkan waktu, tenaga dan biaya untuk menggali ilmu. Bagi mereka yang mampu dalam menjaga hati, ia akan menjadi pribadi yang unggul

5.    Pentingnya prestasi diri bagi diri sendiri
            Manusia selalu berusaha untuk mendapatkan hal yang terbaik bagi dirinya sehingga           dapat disebut sebagai manusia yang bermartabat.
     Menurut JP Chaplin dalam bukunya Dictionary of Psychology (1985) dorongan berprestasi adalah;
a.       kecenderungan untuk mencapai sukses atau memperoleh apa yang menjadi tujuan akhir yang dikehendaki
b.      keterlibatan diri seseorang dalam suatu tugas yang diberikan
c.       dorongan untuk mengatasi rintangan-rintangan atau perjuangan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang sulit secara cepat dan tepat

6.    Potensi Diri
            Pengertian potensi diri menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia adalah kemampuan dan kualitas-kualitas yang dimiliki seseorang, namun belum digunakan dengan maksimal
            Menurut Deasy Ekayanti dan Chatarina Wahyurini dari PKBI Pusat, kiat-kiat untuk mengenali diri atau menggali potensi diri adalah sebagai berikut :
a.      Cobalah untuk selalu mau melakukan sesuatu yang positif
b.      Buat target yang sederhana
c.      Catatlah kelebihan-kelebihan dalam diri
d.     Sempatkan berhenti sebenatar untuk merenung

7.    Tugas :
Jawablah refleksi berikut :

1.      Buat target yang sederhana tentang diri anda
2.      Catatlah kelebihan-kelebihan dalam diri
3.      Mengapa setiap orang harus berprestasi, dan apa maknanya
4.      Sebutkan prestasi kalian selama ini dan prestasi terbaik yang pernah kalian raih
5.      Presentasikan yang kalian tulis di depan kelas
6.      Presentasi dan tulisan dinilai sebagai nilai tugas

8.    Macam-macam Potensi Diri dapat dibedakan menjadi 5 macam :
a.      Potensi Fisik (Psychomotoric)
Potensi ini merupakan potensi fisik manusia yang dapat diberdayakan sesuai fungsinya  untuk berbagai kepentingan dalam rangka pemenuhan kebutuha hidup. Misal mata untukmelihat, kaki untuk berjalan,  telinga untuk mendengar

b.      Potensi Mental Intelektual (Intellectual Quotient)
      Potensi ini merupakan potensi kecerdasan yang ada pada otak manusia (terutama    otak sebelah kiri). Fungsi potensi ini antara lain untuk merencanakan sesuatu,          menghitung dan menganalisis

c.      Potensi Sosial Emosional (Emotional Quotient)
      Potensi ini merupakan potensi kecerdasan yang ada pada otak manusia (terutama    pada otak sebelah kanan). Fungsi potensi ini antara lain untuk mengendalikan          amarah, bertanggung jawab, motivasi dan kesadaran diri

d.      Potensi Mental Spiritual(Spiritual Quotient
  Potensi  ini merupakan potensi kecerdasan yang betumpu pada bagian dalam diri   manusia yang berhubungan dengan jiwa sadar atau kearifan di luar ego (bukan       hanya   mengetahui norma tetapi menemukan norma). Secara umum Potensi      Mental Spiritual          ini merupakan kecerdasan yang berhubungan dengan    keimanan dan aklak mulai

e.      Potensi Daya Juang (Adversitu Quotient)
      Potensi ini merupakan potensi kecedasan manusia yang bertumpu pada bagian dalam diri mansia yang berhubungan dengan keuletan, ketangguhan dan daya juang tinggi. Melalui potensi ini seseorang mampu mengubah rintangan dan tantangan menjadi peluang

9.    Macam-macam kecerdasan menurut Howard Gardner yang dikenal melalui Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) , dikatakan ruang lingkup kemampuan manusia meliputi delapan kecerdasan antara lain :


a.      Kecerdasan Linguistik
      Adalah kemampuan menggunakan kata secara efektif, baik secara lisan ( pendongeng, orator, politisi)  maupun tertulis (seperti sastrawan, editor, wartawan)

b.      Kecerdasan Matematis-Logis
      Adalah kemampuan menggunakan angka-angka dengan baik (seperti ahli    matematika, akuntan pajak dan hali statistik) dan melalukan penalaran yang benar            (seperti ilmuwan, pemrogram komputer dan ahli logika)

c.      Kecerdasan Spasial
Adalah kemampuan memersepsi dunia, spasial-visual (misalnya sebagai pemburu, pramuka, pemandu) dan menstrasformasi persepsi dunia spasial-visual tersebut (misalnya dekorator, interior, arsitek, seniman dan penemu)

d.      Kecerdasan Kinestetis-Jasmani
Adalah keahlian menggunakan seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide dan perasaan (misalnya sebagai aktor, pemain pantomin, atlet dan penari) dan ketrampilan menggunakan tangan untuk menciptakan seuatu (misalnya perajin, pematung, ahli mekanik dan dokter bedah)

e.      Kecerdasan Musikal
Adalah kemampuan menangani bentuk-bentuk musikal dengan cara memersepsi (misal penikmat musik), membedakan ( kritikus musik), mengubah (misalnya komposer) dan mengekspresikan (misal penyanyi)

f.        Kecerdasan Interpersonal
  Adalah kemampuan memersepsi dan mebedakan suasana hati, maksud, motivasi dan perasaan orang lain

g.      Kecerdasan Intrapersonal
Adalah kemampuan memahami diri sendiri dan bertindak berdasarkan pemahaman tersebut.

h.      Kecerdasan Naturalis
Adalah keahlian mengenali dan mengkategorikan spesies (flora dan fauna) di lingkungan sekitar.

10.              Menurut Thomas Armstrong berkembang atau tidaknya segala kemampuan atau kecerdasan yang ada pada diri seseorang dipengaruhi oleh 3 faktor antara lain :
a.      Faktor Biologi
      Faktor biologis antara lain faktor keturunan (genetis) dan luka (cedera otak) sebelum, selama dan sesudah kelahiran
      
b.      Faktor Sejarah Hidup Pribadi
      Faktor ini antara lain pengalaman-pengalaman dengan orang tua, guru, teman sebaya, kawan-kawan, orang lain, baik yang memangkitkan maupun yang menghambat perkembangan kecerdasan

c.      Faktor Latar Belakang Kultural dan Historis
      Faktor ini antara lain waktu dan tempat seseorang dilahirkan dan dibesarkan serta sifat kondisi perkembangan historis dan kultural ditempat lain



11.  Cara-cara mengembangkan segala potensi dir agar berkembang dan dapat berprestasi tinggi antara lai dengan :
a.      Kenali Betul Potensi yang ada Pada Dirimu
b.      Merumuskan dan Menentukan Cita-Cita Hidup
c.      Belajarlah dengan Rajin, Ulet, Tekun dan Tanpa Kenal Lelah
d.     Jangan Kecil Hati dan Rendah Diri

12.  Prestasi Diri bagi keunggulan bangsa dan Negara
            Nasib suatu bangsa ditentukan oleh warga negaranya. Suatu bangsa akan memiliki keunggulan  jika warga negaranya memiliki prestasi di berbagai bidang. Oleh      sebab itu prestasi yang dibuat warga negaranya di berbagai bidang sangat menentukan keunggulan bangsa Indonesia. Oleh sebab itu jika bangsa Indonesia ingin menjadi bangsa yang unggul dan berprestasi di dunia, maka seluruh warga negara Indonesia harus bersatu padu untuk meraih prestasi yang setinggi-tingginya di bebagai bidang kehidupan, sehingga menjadi bangsa yang harus, unggul dan disegani di dunia

13.  Presiden Suliso Bambang Yudhoyono mengatakan ada 10 kriteria bangsa bermartabat (Kompas Sabtu, 16 Januari 2008) antara lain ......
a.    rendahnya jumlah penduduk miskin
b.    kehidupan yang aman dan tertib
c.    adanya demokrasi dalam kebebasan
d.   ekonomi yang sustainable dan tidak terjerat utang tinggi
e.    pemerintahan yang baik dan terbebas dari korupsi
f.     pemeliharaan lingkungan yang baik
g.    pendidikan yang maju
h.    kesehatan masyarakat yang layak
i.      maju di bidang olah raga
j.      berperan aktif di percaturan internasional

14.       Adapun untuk menjadi bangsa yang lebih mandiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan 6 kriteria
a.      tidak memiliki ketergantungan utang yang absolut
b.      dapat menyediakan pangan, sandang,
c.      dapat menyediakan papan,
d.     dapat menyediakan kesehatan
e.      dapat menyediakan pendidikan sendiri
f.       menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi

Kisi-kisi dan Contoh Soal USBN PKn - Bag.1



Pengetahuan dan Pemahaman - Siswa dapat memahami dan menguasai :
A.     Norma
Contoh soal:
1.    Ada empat macam norma, kecuali ...
a.       agama
b.      kesopanan
c.       kesusilaan
d.      kepercayaan
2.    Marlinda berusaha untuk hormat pada orang yang lebih tua. Perilaku Marlinda merupakan pelaksanaan dari norma ...
a.       agama
b.      kesopanan
c.       kesusilaan
d.      hukum
3.    Dalam kehidupan bernegara, norma yang dianggap paling tegas adalah norma ...
a.       agama
b.      kesopanan
c.       kesusilaan
d.      dihukum
4.    Tujuan pokok dari hukum, adalah ...
a.       keseimbangan
b.      keselarasan
c.       kepastian
d.      ketertiban
5.    Hukum yang sedang berlaku pada suatu negara dan waktu tertentu, adalah ...
a.       Ius Constituendum
b.      Ius Soli
c.       Ius Sanguinus
d.      Ius Constitutum

B.       Konstitusi dan Proklamasi 
Contoh soal:
6.    Makna Proklamasi Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia adalah …
a.       untuk menjalin hubungan yang akrab diantara sukusuku bangsa yang ada di seluruh pelosok tanah air
b.      dorongan dan rangsangan bangsa Indonesia untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan
c.       untuk menunjukkan kepada dunia luarbahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang merdeka dan berdaulat
d.      perwujudan adanya bangsa baru dengan negara baru.
7.    Bangsa Indonesia mengakui bahwa manusia adalah makhluk Tuhan Yang Maha Esa sehingga kemerdekaan disamping merupakan hasil jerih payah perjuangan bangsa Indonesia juga merupakan rakhmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Hal tersebut merupakan pengakuan adanya …
a.       nilai hak kodrat
b.      nilai pemersatu bangsa
c.       nilai religius
d.      nilai demokrasi
8.    Makna kemerdekaan bagi bangsa Indonesia merupakan…
a.       tujuan akhir bangsa Indonesia dalam bernegara
b.      hadiah dan balas jasa dari pemerintah Jepang
c.       momentum kelahiran bangsa dan negara Indonesia yang merdeka
d.      terjadinya perebutan kekuasan antara golongan tua dengan golongan muda
9.    Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bagi bangsa lain adalah ...
a.       bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang merdeka yang mempunyai kedudukan dan hak yang sama dengan bangsa-bangsa lain.
b.      untuk menunjukkan bahwa bangsa Indonesia sejak
c.       saat itu sudah merdeka dan berdaulat. c. menjalin hubungan yang akrab diantara suku-suku bangsa yang ada di seluruh pelosok tanah air.
d.      perwujudan adanya bangsa baru dengan negara baru yang mempunyai tanggungjawab yang berat dalam mencapai cita-cita kemerdekaan
10. Pokok Pikiran I yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan penjelmaan sila Pancasila yaitu ...
a.       Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia;
b.      Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab;
c.       Persatuan Indonesia;
d.      Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan

C.      Bahaya Korupsi
Contoh soal:
11. Setiap perbuatan yang dilakukan siapapun juga untuk kepentingan diri sendiri, untuk kepentingan orang lain atau untuk kepentingan suatu badan yang langsung menyebabkan kerugian bagi keuangan dan perekonomian negara disebut…
a.      korupsi
b.      kolusi
c.       nepotisme
d.      penggelapan
12. Perbuatan untuk memperkaya diri sendiri atau orang lain yang dilakukan dengan cara melanggar hukum sehingga dapat merugikan keuangan negara, adalah arti dari...
a.       korupsi
b.      kolusi
c.       nepotisme
d.      suap
13. Akibat yang terjadi bila para pemimpin negara banyak melakukan korupsi antara lain sebagai berikut , kecuali...
a.       menjadikan negara memiliki banyak hutang luar negeri untuk menutupi kekurangan anggaran
b.      hanya akan memperkaya sekelompok orang yang dekat dengan pimpinan tersebut
c.       menimbulkan ketidakadilan dalam hal pendapatan dan kekayaan
d.      menimbulkan kepercayaan rakyat terhadap pemimpin negara semakin tinggi
14. Undang-undang yang mengatur pemberantasan korupsi adalah UU No....
a.       31 Tahun 1999
b.      32 Tahun 1999
c.       31 Tahun 2000
d.      32 Tahun  2000
15. Lembaga-lembaga anti korupsi yang dibentuk oleh pemerintah adalah sebagai berikut, kecuali...
a.       KPK
b.      BAWASDA
c.       KPKPN
d.      ICW

D.     Pancasila
Contoh soal:
16. Dalam masyarakat demokratis, pergantian kekuasaan secara teratur dilakukan melalui proses
a.       penunjukan oleh pendahulunya
b.      pengangkatan berdasar keturunan
c.        pemilihan umum yang berlangsung secara bebas
d.       musyawarah para pemimpin kelompok-kelompok
17. Sekumpulan konsep bersistem yang dijadikan dasar, memberikan arah, dan tujuan untuk kelangsungan hidup suatu bangsa disebut…
a.       idealisme
b.      patriotisme
c.       nasionalisme
d.      ideologi
18. Pancasila sebagai dasar negara dipergunakan untuk…
a.       mengatur penyelenggaraan pemerintahan negara
b.      menentukan tujuan negara Indonesia
c.       menyusun program-program pembangunan
d.      landasan kehidupan berbangsa dan bernegara
19. Manfaat suatu negara memiliki ideologi negara adalah agar…
a.       dapat bersaing dengan negara lain
b.      menjadi negara yang kuat
c.       dapat tercipta masyarakat adil makmur
d.      dapat mengantar bangsa dan negara mencapai cita-citanya
20. Ajaran komunis sangat bertentangan dengan dasar negara Pancasila, antara lain ada ajaran…
a.       kapitalisme
b.      liberalisme
c.       atheisme
d.      individualisme

E.      Hak Asasi Manusia 
Contoh soal:
21. Unsur –unsur terpenting dalam pengertian hakekat HAM adalah ...
a.       merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap manusia, tidak dapat diberikan kepada orang lain, dan tidak boleh dihapus dengan alasan apapun.
b.      merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap manusia, dapat diberikan kepada orang lain, dan boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan umum.
c.        merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap warga negara, dan boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan negara.
d.      merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap warga Negara yang telah berumur 18 tahun, dan
boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan pemerintah.
22. Dari pengalaman sejarah bangsa Indonesia dan dipengaruhi berbagai aspek kehidupan, bangsa Indonesia memahami HAM sebagai…
a.      hak dasar merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa
b.      hak dasar pemberian dari negara atau pemerintah
c.       hak manusia yang dapat dilaksanakan dengan bebas
d.      hak setiap orang yang bersifat turun-temurun
23. Pengadilan HAM bertugas dan berwenang memeriksa dan memutus…
a.      perkara pelanggaran hak asasi manusia yang berat
b.      perkara pelanggaran hak asasi manusia yang belum lama
c.       setiap bentuk pelanggaran terhadap undang-undang HAM
d.      setiap bentuk pelanggaran hak orang lain
24. Yang merupakan instrumen hukum HAM nasional adalah ...
a.      Komnas HAM
b.      Pengadilan HAM
c.       UURI No. 39 Tahun 1999
d.      UURI No. 22 Tahun 1999
25. Lahirnya Perundang – undangan HAM nasional terutama di dorong untuk keperluan ...
a.      mencegah berkembangnya individualisme
b.      memenuhi tuntutan masyarakat internasional
c.       melindungi dari tindakan kesewenang-kesewenangan yang dilakukan oleh penguasa maupun pihak lain
d.      mengembangkan hak – hak warga negara agar sederajat dengan bangsa – bangsa lain di dunia

F.      Usaha Bela Negara
Contoh soal:
26. Pengertian upaya pembelaan negara, adalah ...
a.       pengetahuan warga negara yang dijiwai kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.
b.      pemahaman warga negara yang dijiwai kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.
c.       sikap dan hasrat warga negara yang dijiwai kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.
d.      sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.
27. Unsur negara yang termasuk unsur konstitutif adalah…
a.       rakyat, wilayah dan undang-undang
b.      rakyat, wilayah dan pengakuan negara lain
c.       rakyat wilayah dan pemerintah
d.      undang-undang, rakyat dan UUD
28. Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Kalimat tersebut merupakan bunyi UUD 1945 pasal…
a.       27 ayat 1
b.      27 ayat 3
c.       30 ayat 1
d.      30 ayat 2
29. Wujud peran serta siswa dalam upaya pembelaan negara  yaitu…
a.       melaporkan kepada orang tua  jika ada teman yang nakal
b.      menciptakan keamanan dan ketertiban di sekolah
c.       memiliki cita-cita menjadi anggota TNI
d.      melaporkan kepada polisi setiap  ada orang yang yang bersalah
30. Warga negara yang disiplin membayar pajak berarti…
a.       suka menyumbang pada negara
b.      tunduk pada petugas pajak
c.       berani mengorbankan uang
d.      setia terhadap bangsa dan negara

G.     Demokrasi dan Kedaulatan
 Contoh soal:
31. Kekuasan tertinggi dalam suatu negara adalah pengertian…
a.       kedaulatan
b.      kekuasaan
c.       kewenangan
d.      kedudukan
32. Kebebasan untuk menentukan dan mengatur fungsinya  yaitu menyusun pemerintahannya sendiri tanpa campur tangan negara lain adalah pengertian…
a.       negara demokrasi
b.      kedaulatan ke dalam
c.       pemerintahan ditaktor
d.      kekuasaan legislatif
33. Menurut UUD 1945 pasal 1 ayat 2 (setelah amandemen), negara Indonesia menganut teori kedaulatan …
a.       Tuhan
b.      Raja
c.       Negara
d.      Rakyat
34. Prinsip kedaulatan rakyat menunjukkan bahwa pemerintahan negara hendaklah ...
a.       dikuasai oleh para politisi
b.      rakyat memegang kekuasaan tertinggi
c.       rakyat membela keberadaan negara
d.      ditentukan oleh keberadaan partai politik
35. Makna kedaulatan bagi suatu negara adalah…
a.       kemampuan untuk mengatur warganya sendiri
b.      kebebasan untuk mengatur warga negaranya sendiri
c.       kebebasan untuk menentukan nasibnya sendiri
d.      kebebasan yang mutlak yang dimiliki oleh suatu Negara

H.     Kemerdekaan mengemukakan pendapat
Contoh soal:
36. Kemerdekaan mengemukakan pendapat merupakan bagian dari hak asasi manusia, yang diatur dalam ...
a.       Pasal 28 B UUD 1945
b.      Pasal 28 C UUD 1945
c.       Pasal 28 D UUD 1945
d.      Pasal 28 E UUD 1945
37. Konsekuensi kemerdekaan mengemukakan pendapat sebagai hak asasi manusia, maka kemerdekaan mengemukakan pendapat itu dimiliki oleh ...
a.       rakyat
b.      warga negara
c.       penduduk
d.      setiap orang
38. Kemerdekaan mengemukakan pendapat berarti mengeluarkan pendapat secara ...
a.       bebas dan bertanggung jawab
b.      tanpa pertanggungjawaban
c.       bebas dantanpa batas
d.      bebas dan sekehendaknya sendiri
39. Agar tuntutannya diperhatikan orang banyak dan pemerintah, seseorang mengemukakan pendapatnya de-ngan mengirimkan surat pembaca di surat kabar. Cara tersebut termasuk cara mengemukakan pendapat dengan ...
a.       pengungkapan lisan
b.      pengungkapan tulisan
c.       . pengungkapan cara lain
d.      pengungkapan artikel
40. Seseorang membuat spanduk untuk mengingatkan orang akan bahaya narkotika. Peringatan melalui spanduk tersebut termasuk cara mengemukakan pendapat dengan ...
a.       pengungkapan lisan
b.      pengungkapan tulisan
c.       pengungkapan cara lain
d.      pengungkapan artikel

I.        Otonomi daerah
Contoh soal:
41. Kebijakan otonomi daerah dilatarbelakangi oleh ...
a.        Pemerintah pusat tidak lagi dibebani memberikan anggaran kepada daerah
b.      Daerah-daerah lebih kretaif dalam mengembangkan sumber dayanya
c.       Terjadinya proses pemindahan kekuasaan dari pusat ke daerah
d.      Putera-putera daerah dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan di daerahnya
42.  Undang-Undang yang mengatur tentang pemerintahan daerah adalah ...
a.       Undang-Undang RI no. 20 tahun 2004
b.      Undang-Undang RI no. 21 tahun 2004
c.       Undang-Undang RI no. 32 tahun 2004
d.      Undang-Undang RI no. 33 tahun 2004
43. Kebijakan otonomi daerah dilatarbelakangi oleh ...
a.       Pemerintah pusat tidak lagi dibebani memberikan anggaran kepada daerah
b.      Daerah-daerah lebih kretaif dalam mengembangkan sumber dayanya
c.       Terjadinya proses pemindahan kekuasaan dari pusat ke daerah
d.      Putera-putera daerah dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan di daerahnya 2.
44. Undang-Undang yang mengatur tentang pemerintahan daerah adalah ...
a.       Undang-Undang RI no. 20 tahun 2004
b.      Undang-Undang RI no. 21 tahun 2004
c.       Undang-Undang RI no. 32 tahun 2004
d.      Undang-Undang RI no. 33 tahun 2004
45. Pelimpahan wewenang dari pemerintah kepada gubernur sebagai wakil pemerintah dan/atau perangkat pusat di daerah dinamakan ...
a.       Desentralisasi
b.      Dekonsentrasi
c.       Tugas pembantuan
d.      Otonomi daerah

J.       Globalisasi
Contoh soal:
46. Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang menyebabkan batasan geografi dalam kondisi sosial-budaya menjadi tidak penting yang ditransformasikan dalam kesadaran masyarakat, ini pengertian globalisasi menurut….
a.        Martin Albrow
b.        A.G. McGrew
c.         Malcolm Walters
d.        Sri Budi Eko Wardani
47. Globalisasi adalah suatu proses tatanan kehidupan masyarakat yang mendunia dan dalam pelaksanaannya ...
a.       tidak dapat dibatasi oleh siapapun
b.      kurang dapat dikontrol kemana arahnya
c.       tidak mengenal batas wilayah
d.      mengarah pada satu titik tertentu
48. Dampak globalisasi yang bernilai negatif di bidang sosial budaya diantaranya adalah sebagai berikut, kecuali …
a.       bergaya hidup konsumtif
b.      berdandan ala Barat
c.       munculnya Lembaga Swadaya Masyarakat
d.      sikap hedonisme
49. Berikut merupakan contoh percaturan Indonesia di dunia internasional, kecuali ...
a.       pengiriman pasukan Kontingen Garuda
b.      menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB
c.       mendirikan ASEAN
d.      pengiriman pasukan ke Poso
50. Sifat Politik Luar Negeri Indonesia adalah sebagai berikut, kecuali ...
a.       bebas aktif
b.      anti imperialisme
c.       mengabdi kepada kepentingan Nasional
d.      demokratis

K.      Prestasi diri
Contoh soal:
51. Semua orang mempunyai keinginan umum yang sama seperti hal-hal sebagai berikut, kecuali ...
a.       ingin dihormati
b.      ingin berprestasi
c.       ingin kaya
d.      ingin ditakuti
52. Potensi diri adalah ...
a.       hasil yang telah dicapai, dilakukan, diperoleh atau dikerjakan
b.      kemampuan yang dimiliki setiap pribadi (individu) yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan dalam berprestasi
c.       sesuatu yang positif dan negative
d.      sesuatu yang tidak bisa berkembang
53. Apabila bangsa Indonesia memiliki keunggulan dibandingkan bangsa lain, akan menjadikan bangsa Indonesia…
a.       selalu mendapat bantuan dari lembaga-lembaga internasional
b.      dihormati negara tetangga yang belum memiliki keunggulan
c.       dihargai, dihormati dan disegani oleh bangsa lain
d.      diperhatikan  oleh negara-negara industri maju
54. Potensi seseorang akan dapat berkembang dengan baik jika didukung oleh sejumlah faktor, antara lain…
a.       tingkat pendidikan orang tua
b.      kepintaran atau kecerdasan
c.       bantuan tetangga yang dekat
d.      pujian dari teman yang dekat
55. Kompetisi yang sehat harus menganggap orang lain bukan sebagai lawan, tetapi sebagai…
a.       teman yang selalu dimintai bantuan
b.      teman yang selalu harus dibantu
c.       teman bersaing kea rah kemajuan dan kebaikan
d.      saudara yang selalu siap menolong

Soal Uraian
56. Sebutkan 4 macam-macam norma yang ada
57. Sebutkan 2 macam demokrasi dilihat dari pelaksanaaannya
58. Sebutkan 4 perilaku warga negara yang baik dalam rangka mewujudkan keunggulan bangsa !