Wednesday 13 May 2009

Pakai Prism, Bikin Web App Situs Pilihan Yuk..

.

Mozilla Lab akhirnya merilis aplikasi Prism 1.0 versi Beta. Dengan aplikasi ini, siapapun Anda, pengguna komputer bisa membuat web application situs manapun seketika tak perlu bantuan developer atau mengunduh aplikasi yang dibuat khusu oleh pemilik website.

Tinggal pilih ikon yang diinginkan lalu pasang shortcut di desktop, mini bar, atau start menu. Kapan pun Anda ingin mengunjungi situs-situs tersebut tinggal klik. Enak bukan, apalagi tak perlu membuka browser lagi. Masing-masing website akan muncul dalam jendela sendiri.

Aplikasi ini terpisah dari browser Internet yang mungkin digunakan secara bersamaan. Jadi, jika sewaktu-waktu terjadi crash pada browser, aplikasi tersebut tidak akan terpengaruh. Mozilla mengakui belum semua situs mendukung Prism. Namun, puluhan ribu situs di jagat Internet saat ini sudah dapat bekerja dengan baik dengan Prism.

Prism bekerja pada Windows dan Mac OS X 10.4. Fungsinya sebenarnya sama saja dengan fitur pada browser Google Chrome yang disebut "create application shortcuts". Pada Internet Explorer fitur ini belum diakomodasi.

Yang membedakan dengan Chrome, Mozilla menyediakan standalone desktop application selain add on Prism untuk Firefox. Dengan menginstalasi add on, pengguna Firefox bisa langsung membuat web application situs apapun jika sewaktu-waktu menginginkannya dan tinggal pilih menu tools "convert to application".

Prism dapat di-download di http://prism.mozilla.com/started/

No comments:

Post a Comment