Tuesday, 7 February 2017

Kisi-kisi dan Contoh Soal USBN PKn - Bag.1



Pengetahuan dan Pemahaman - Siswa dapat memahami dan menguasai :
A.     Norma
Contoh soal:
1.    Ada empat macam norma, kecuali ...
a.       agama
b.      kesopanan
c.       kesusilaan
d.      kepercayaan
2.    Marlinda berusaha untuk hormat pada orang yang lebih tua. Perilaku Marlinda merupakan pelaksanaan dari norma ...
a.       agama
b.      kesopanan
c.       kesusilaan
d.      hukum
3.    Dalam kehidupan bernegara, norma yang dianggap paling tegas adalah norma ...
a.       agama
b.      kesopanan
c.       kesusilaan
d.      dihukum
4.    Tujuan pokok dari hukum, adalah ...
a.       keseimbangan
b.      keselarasan
c.       kepastian
d.      ketertiban
5.    Hukum yang sedang berlaku pada suatu negara dan waktu tertentu, adalah ...
a.       Ius Constituendum
b.      Ius Soli
c.       Ius Sanguinus
d.      Ius Constitutum

B.       Konstitusi dan Proklamasi 
Contoh soal:
6.    Makna Proklamasi Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia adalah …
a.       untuk menjalin hubungan yang akrab diantara sukusuku bangsa yang ada di seluruh pelosok tanah air
b.      dorongan dan rangsangan bangsa Indonesia untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan
c.       untuk menunjukkan kepada dunia luarbahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang merdeka dan berdaulat
d.      perwujudan adanya bangsa baru dengan negara baru.
7.    Bangsa Indonesia mengakui bahwa manusia adalah makhluk Tuhan Yang Maha Esa sehingga kemerdekaan disamping merupakan hasil jerih payah perjuangan bangsa Indonesia juga merupakan rakhmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Hal tersebut merupakan pengakuan adanya …
a.       nilai hak kodrat
b.      nilai pemersatu bangsa
c.       nilai religius
d.      nilai demokrasi
8.    Makna kemerdekaan bagi bangsa Indonesia merupakan…
a.       tujuan akhir bangsa Indonesia dalam bernegara
b.      hadiah dan balas jasa dari pemerintah Jepang
c.       momentum kelahiran bangsa dan negara Indonesia yang merdeka
d.      terjadinya perebutan kekuasan antara golongan tua dengan golongan muda
9.    Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bagi bangsa lain adalah ...
a.       bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang merdeka yang mempunyai kedudukan dan hak yang sama dengan bangsa-bangsa lain.
b.      untuk menunjukkan bahwa bangsa Indonesia sejak
c.       saat itu sudah merdeka dan berdaulat. c. menjalin hubungan yang akrab diantara suku-suku bangsa yang ada di seluruh pelosok tanah air.
d.      perwujudan adanya bangsa baru dengan negara baru yang mempunyai tanggungjawab yang berat dalam mencapai cita-cita kemerdekaan
10. Pokok Pikiran I yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan penjelmaan sila Pancasila yaitu ...
a.       Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia;
b.      Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab;
c.       Persatuan Indonesia;
d.      Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan

C.      Bahaya Korupsi
Contoh soal:
11. Setiap perbuatan yang dilakukan siapapun juga untuk kepentingan diri sendiri, untuk kepentingan orang lain atau untuk kepentingan suatu badan yang langsung menyebabkan kerugian bagi keuangan dan perekonomian negara disebut…
a.      korupsi
b.      kolusi
c.       nepotisme
d.      penggelapan
12. Perbuatan untuk memperkaya diri sendiri atau orang lain yang dilakukan dengan cara melanggar hukum sehingga dapat merugikan keuangan negara, adalah arti dari...
a.       korupsi
b.      kolusi
c.       nepotisme
d.      suap
13. Akibat yang terjadi bila para pemimpin negara banyak melakukan korupsi antara lain sebagai berikut , kecuali...
a.       menjadikan negara memiliki banyak hutang luar negeri untuk menutupi kekurangan anggaran
b.      hanya akan memperkaya sekelompok orang yang dekat dengan pimpinan tersebut
c.       menimbulkan ketidakadilan dalam hal pendapatan dan kekayaan
d.      menimbulkan kepercayaan rakyat terhadap pemimpin negara semakin tinggi
14. Undang-undang yang mengatur pemberantasan korupsi adalah UU No....
a.       31 Tahun 1999
b.      32 Tahun 1999
c.       31 Tahun 2000
d.      32 Tahun  2000
15. Lembaga-lembaga anti korupsi yang dibentuk oleh pemerintah adalah sebagai berikut, kecuali...
a.       KPK
b.      BAWASDA
c.       KPKPN
d.      ICW

D.     Pancasila
Contoh soal:
16. Dalam masyarakat demokratis, pergantian kekuasaan secara teratur dilakukan melalui proses
a.       penunjukan oleh pendahulunya
b.      pengangkatan berdasar keturunan
c.        pemilihan umum yang berlangsung secara bebas
d.       musyawarah para pemimpin kelompok-kelompok
17. Sekumpulan konsep bersistem yang dijadikan dasar, memberikan arah, dan tujuan untuk kelangsungan hidup suatu bangsa disebut…
a.       idealisme
b.      patriotisme
c.       nasionalisme
d.      ideologi
18. Pancasila sebagai dasar negara dipergunakan untuk…
a.       mengatur penyelenggaraan pemerintahan negara
b.      menentukan tujuan negara Indonesia
c.       menyusun program-program pembangunan
d.      landasan kehidupan berbangsa dan bernegara
19. Manfaat suatu negara memiliki ideologi negara adalah agar…
a.       dapat bersaing dengan negara lain
b.      menjadi negara yang kuat
c.       dapat tercipta masyarakat adil makmur
d.      dapat mengantar bangsa dan negara mencapai cita-citanya
20. Ajaran komunis sangat bertentangan dengan dasar negara Pancasila, antara lain ada ajaran…
a.       kapitalisme
b.      liberalisme
c.       atheisme
d.      individualisme

E.      Hak Asasi Manusia 
Contoh soal:
21. Unsur –unsur terpenting dalam pengertian hakekat HAM adalah ...
a.       merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap manusia, tidak dapat diberikan kepada orang lain, dan tidak boleh dihapus dengan alasan apapun.
b.      merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap manusia, dapat diberikan kepada orang lain, dan boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan umum.
c.        merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap warga negara, dan boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan negara.
d.      merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap warga Negara yang telah berumur 18 tahun, dan
boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan pemerintah.
22. Dari pengalaman sejarah bangsa Indonesia dan dipengaruhi berbagai aspek kehidupan, bangsa Indonesia memahami HAM sebagai…
a.      hak dasar merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa
b.      hak dasar pemberian dari negara atau pemerintah
c.       hak manusia yang dapat dilaksanakan dengan bebas
d.      hak setiap orang yang bersifat turun-temurun
23. Pengadilan HAM bertugas dan berwenang memeriksa dan memutus…
a.      perkara pelanggaran hak asasi manusia yang berat
b.      perkara pelanggaran hak asasi manusia yang belum lama
c.       setiap bentuk pelanggaran terhadap undang-undang HAM
d.      setiap bentuk pelanggaran hak orang lain
24. Yang merupakan instrumen hukum HAM nasional adalah ...
a.      Komnas HAM
b.      Pengadilan HAM
c.       UURI No. 39 Tahun 1999
d.      UURI No. 22 Tahun 1999
25. Lahirnya Perundang – undangan HAM nasional terutama di dorong untuk keperluan ...
a.      mencegah berkembangnya individualisme
b.      memenuhi tuntutan masyarakat internasional
c.       melindungi dari tindakan kesewenang-kesewenangan yang dilakukan oleh penguasa maupun pihak lain
d.      mengembangkan hak – hak warga negara agar sederajat dengan bangsa – bangsa lain di dunia

F.      Usaha Bela Negara
Contoh soal:
26. Pengertian upaya pembelaan negara, adalah ...
a.       pengetahuan warga negara yang dijiwai kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.
b.      pemahaman warga negara yang dijiwai kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.
c.       sikap dan hasrat warga negara yang dijiwai kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.
d.      sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.
27. Unsur negara yang termasuk unsur konstitutif adalah…
a.       rakyat, wilayah dan undang-undang
b.      rakyat, wilayah dan pengakuan negara lain
c.       rakyat wilayah dan pemerintah
d.      undang-undang, rakyat dan UUD
28. Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Kalimat tersebut merupakan bunyi UUD 1945 pasal…
a.       27 ayat 1
b.      27 ayat 3
c.       30 ayat 1
d.      30 ayat 2
29. Wujud peran serta siswa dalam upaya pembelaan negara  yaitu…
a.       melaporkan kepada orang tua  jika ada teman yang nakal
b.      menciptakan keamanan dan ketertiban di sekolah
c.       memiliki cita-cita menjadi anggota TNI
d.      melaporkan kepada polisi setiap  ada orang yang yang bersalah
30. Warga negara yang disiplin membayar pajak berarti…
a.       suka menyumbang pada negara
b.      tunduk pada petugas pajak
c.       berani mengorbankan uang
d.      setia terhadap bangsa dan negara

G.     Demokrasi dan Kedaulatan
 Contoh soal:
31. Kekuasan tertinggi dalam suatu negara adalah pengertian…
a.       kedaulatan
b.      kekuasaan
c.       kewenangan
d.      kedudukan
32. Kebebasan untuk menentukan dan mengatur fungsinya  yaitu menyusun pemerintahannya sendiri tanpa campur tangan negara lain adalah pengertian…
a.       negara demokrasi
b.      kedaulatan ke dalam
c.       pemerintahan ditaktor
d.      kekuasaan legislatif
33. Menurut UUD 1945 pasal 1 ayat 2 (setelah amandemen), negara Indonesia menganut teori kedaulatan …
a.       Tuhan
b.      Raja
c.       Negara
d.      Rakyat
34. Prinsip kedaulatan rakyat menunjukkan bahwa pemerintahan negara hendaklah ...
a.       dikuasai oleh para politisi
b.      rakyat memegang kekuasaan tertinggi
c.       rakyat membela keberadaan negara
d.      ditentukan oleh keberadaan partai politik
35. Makna kedaulatan bagi suatu negara adalah…
a.       kemampuan untuk mengatur warganya sendiri
b.      kebebasan untuk mengatur warga negaranya sendiri
c.       kebebasan untuk menentukan nasibnya sendiri
d.      kebebasan yang mutlak yang dimiliki oleh suatu Negara

H.     Kemerdekaan mengemukakan pendapat
Contoh soal:
36. Kemerdekaan mengemukakan pendapat merupakan bagian dari hak asasi manusia, yang diatur dalam ...
a.       Pasal 28 B UUD 1945
b.      Pasal 28 C UUD 1945
c.       Pasal 28 D UUD 1945
d.      Pasal 28 E UUD 1945
37. Konsekuensi kemerdekaan mengemukakan pendapat sebagai hak asasi manusia, maka kemerdekaan mengemukakan pendapat itu dimiliki oleh ...
a.       rakyat
b.      warga negara
c.       penduduk
d.      setiap orang
38. Kemerdekaan mengemukakan pendapat berarti mengeluarkan pendapat secara ...
a.       bebas dan bertanggung jawab
b.      tanpa pertanggungjawaban
c.       bebas dantanpa batas
d.      bebas dan sekehendaknya sendiri
39. Agar tuntutannya diperhatikan orang banyak dan pemerintah, seseorang mengemukakan pendapatnya de-ngan mengirimkan surat pembaca di surat kabar. Cara tersebut termasuk cara mengemukakan pendapat dengan ...
a.       pengungkapan lisan
b.      pengungkapan tulisan
c.       . pengungkapan cara lain
d.      pengungkapan artikel
40. Seseorang membuat spanduk untuk mengingatkan orang akan bahaya narkotika. Peringatan melalui spanduk tersebut termasuk cara mengemukakan pendapat dengan ...
a.       pengungkapan lisan
b.      pengungkapan tulisan
c.       pengungkapan cara lain
d.      pengungkapan artikel

I.        Otonomi daerah
Contoh soal:
41. Kebijakan otonomi daerah dilatarbelakangi oleh ...
a.        Pemerintah pusat tidak lagi dibebani memberikan anggaran kepada daerah
b.      Daerah-daerah lebih kretaif dalam mengembangkan sumber dayanya
c.       Terjadinya proses pemindahan kekuasaan dari pusat ke daerah
d.      Putera-putera daerah dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan di daerahnya
42.  Undang-Undang yang mengatur tentang pemerintahan daerah adalah ...
a.       Undang-Undang RI no. 20 tahun 2004
b.      Undang-Undang RI no. 21 tahun 2004
c.       Undang-Undang RI no. 32 tahun 2004
d.      Undang-Undang RI no. 33 tahun 2004
43. Kebijakan otonomi daerah dilatarbelakangi oleh ...
a.       Pemerintah pusat tidak lagi dibebani memberikan anggaran kepada daerah
b.      Daerah-daerah lebih kretaif dalam mengembangkan sumber dayanya
c.       Terjadinya proses pemindahan kekuasaan dari pusat ke daerah
d.      Putera-putera daerah dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan di daerahnya 2.
44. Undang-Undang yang mengatur tentang pemerintahan daerah adalah ...
a.       Undang-Undang RI no. 20 tahun 2004
b.      Undang-Undang RI no. 21 tahun 2004
c.       Undang-Undang RI no. 32 tahun 2004
d.      Undang-Undang RI no. 33 tahun 2004
45. Pelimpahan wewenang dari pemerintah kepada gubernur sebagai wakil pemerintah dan/atau perangkat pusat di daerah dinamakan ...
a.       Desentralisasi
b.      Dekonsentrasi
c.       Tugas pembantuan
d.      Otonomi daerah

J.       Globalisasi
Contoh soal:
46. Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang menyebabkan batasan geografi dalam kondisi sosial-budaya menjadi tidak penting yang ditransformasikan dalam kesadaran masyarakat, ini pengertian globalisasi menurut….
a.        Martin Albrow
b.        A.G. McGrew
c.         Malcolm Walters
d.        Sri Budi Eko Wardani
47. Globalisasi adalah suatu proses tatanan kehidupan masyarakat yang mendunia dan dalam pelaksanaannya ...
a.       tidak dapat dibatasi oleh siapapun
b.      kurang dapat dikontrol kemana arahnya
c.       tidak mengenal batas wilayah
d.      mengarah pada satu titik tertentu
48. Dampak globalisasi yang bernilai negatif di bidang sosial budaya diantaranya adalah sebagai berikut, kecuali …
a.       bergaya hidup konsumtif
b.      berdandan ala Barat
c.       munculnya Lembaga Swadaya Masyarakat
d.      sikap hedonisme
49. Berikut merupakan contoh percaturan Indonesia di dunia internasional, kecuali ...
a.       pengiriman pasukan Kontingen Garuda
b.      menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB
c.       mendirikan ASEAN
d.      pengiriman pasukan ke Poso
50. Sifat Politik Luar Negeri Indonesia adalah sebagai berikut, kecuali ...
a.       bebas aktif
b.      anti imperialisme
c.       mengabdi kepada kepentingan Nasional
d.      demokratis

K.      Prestasi diri
Contoh soal:
51. Semua orang mempunyai keinginan umum yang sama seperti hal-hal sebagai berikut, kecuali ...
a.       ingin dihormati
b.      ingin berprestasi
c.       ingin kaya
d.      ingin ditakuti
52. Potensi diri adalah ...
a.       hasil yang telah dicapai, dilakukan, diperoleh atau dikerjakan
b.      kemampuan yang dimiliki setiap pribadi (individu) yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan dalam berprestasi
c.       sesuatu yang positif dan negative
d.      sesuatu yang tidak bisa berkembang
53. Apabila bangsa Indonesia memiliki keunggulan dibandingkan bangsa lain, akan menjadikan bangsa Indonesia…
a.       selalu mendapat bantuan dari lembaga-lembaga internasional
b.      dihormati negara tetangga yang belum memiliki keunggulan
c.       dihargai, dihormati dan disegani oleh bangsa lain
d.      diperhatikan  oleh negara-negara industri maju
54. Potensi seseorang akan dapat berkembang dengan baik jika didukung oleh sejumlah faktor, antara lain…
a.       tingkat pendidikan orang tua
b.      kepintaran atau kecerdasan
c.       bantuan tetangga yang dekat
d.      pujian dari teman yang dekat
55. Kompetisi yang sehat harus menganggap orang lain bukan sebagai lawan, tetapi sebagai…
a.       teman yang selalu dimintai bantuan
b.      teman yang selalu harus dibantu
c.       teman bersaing kea rah kemajuan dan kebaikan
d.      saudara yang selalu siap menolong

Soal Uraian
56. Sebutkan 4 macam-macam norma yang ada
57. Sebutkan 2 macam demokrasi dilihat dari pelaksanaaannya
58. Sebutkan 4 perilaku warga negara yang baik dalam rangka mewujudkan keunggulan bangsa !

3 comments: