A.
Pilihlah jawaban yang paling benar dan tepat
dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada lembar jawaban yang
tersedia!
1.
Bangsa Eropa datang/menjajah ke Indonesia dengan tujuan
A. Mencari
harta karun C. Mencari rempah rempah
B. Mencari
intan permata D. Melakukan perburuan binatang
2.
Tujuan penjelajahan samodera bangsa Eropa dikenal denga
istilah 3 G. Salah satu dari 3 G adalah Glory artinya…
A. Mencari
rempah-rempah C. Menari tanah jajahan
B. Menyebarkan agama Nasrani D. Mencari emas
3.
Buku “History of Java” adalah buku peninggalan
penjajahan bangsa…
A. Belanda C. Spanyol
B. Portugis D. Inggris
4.
Tindakan Van Den Bosh di Indonesia dalam rangka mengisi
kas Belanda yang kosong yaitu dengan…
A. Tanam
paksa C.
Membuat jalan Anyer – Panarukan
B. Membagi
Indonesia menjadi 16 karesidenan D.
Mengusulkan politik balas budi
5.
Tokoh perlawanan wanita dalam menghadapi Belanda
yang berasal dari Maluku adalah.
A.
Cut Nyak Dhien C. Martha Christina Tiahahu
B.
Cut Mutia D. Dewi Sartika
6.
Tokoh Belanda yang menulis buku “Max Havelaar” yaitu…
A. Multatuli C. Van Den Bosh
B. Van
Der Capellen D. Daendels
7.
Dampak politik balas budi dalam bidang pendidikan
muncul…
A. Kaum
buruh C. Kaum pedagang
B. Kaum
terpelajar D. Kaum bangsawan
8.
Berikut bukan
peninggalan penjajah Belanda yang selama
menjajah negara Indonesia yang berada di kota Semarang adalah…
A. Lawang
sewu C. Gereja Blenduk
B. Kota
Lama D. Kota Tua
9.
Tokoh Belanda yang membuat jalan dari Anyer sampai
Panarukan adalah…
A. Van
Den Bosh C. Van Der Capelen
B. Douwes
Dekker D. Daendels
10. Tanam
paksa diterapkan penjajah Belanda dengan tujuan…
A. Mengisi
kas Belanda yang kosong
B. Menambah
kekayaan pejabat Belanda
C. Membantu
kesejahteraan rakyat Indonesia
D. Untuk
menambah penghasilan pegawai Belanda
11. Istilah
lain tanam paksa yaitu
A. Culturbudaya C. Culturpaksa
B. Stelselcultur D. Culturstelsel
12. Tokoh
laki-laki yang melakukan perlawanan dari Aceh adalah…
A. Christina
Marta Tiahahu C. Cut Nyak Dhien
B. Cut
Meriska D. Teuku Umar
13. Tokoh
perlawanan wanita dari Maluku adalah
A. Christina
Marta Tiahahu C. Cut Nyak Dhien
B. Cut
Meriska D. Ibu Kartini
14. Perjuangan
para pahlawan sebelum tahun 1908 mengalami kegagalan melawan penjajah karena beberapa hal, kecuali…
A. Kalah
persenjataan C. Bergantung pemimpin
B. Bersifat
kedaerahan D. Senjatanya modern
15. Edukasi
dalam politik balas budi yang dilaksanakan pemerintah Belanda dalam praktiknya
adalah…
A. Untukmemenuhi
pegawai rendahan perusahaan Belanda di
Indonesia
B. Untuk
mengairi sawah rakyat
C. Untuk
mencerdaskan rakyat Jawa
D. Mensejahterakan
rakyat di pulau Jawa
16. Transmigrasi
atau emigrasi dalam politik balas budi
yang dilaksanakan pemerintah Belanda dalam praktiknya adalah…
A. Untuk
mengairi perkebunan Belanda
B. Untuk
mengairi sawah rakyat
C. Untuk
memenuhi pekerja diperusahaan Belanda
D. Mensejahterakan
rakyat di pulau Jawa
17. Tokoh-tokoh
Belanda yang sadar perlunya berbalas budi terhadap Indonesia akibat penjajahan
yang dilakukan Belanda adalah sebagai berikut, kecuali…
A. Douwes
Dekker C. Baron Van Hovel
B. Van
Deventer D. Van Den Bosh
18. Dampak
politik balas budi dalam bidang pendidikan muncul…
A. Pedagang C. Terpelajar
B. Saudagar D. Berjuis
19. Organisasi
modern pertama di Indonesia adalah…
A. Boedi
Utomo C. Jong Java
B. Tri
Koro Dharmo D. Sumpah Pemuda
20. Alasan
bahasa Melayu dipilih sebagai bahasa persatuan
A. Mudah
dipelajari
B. Tidak
mengenal tigkatan dalam pemakaian
C. Sudah
dipakai sebagian penduduk Indonesia
D. Sulit
dalam pemakaian
21. Sumpah
Pemuda mengubah perjuangan lokal/kedaerahan menjadi perjuangan yang bersifat…
A. Nasional C. Kekhususan
B. Kedaerahan D. Kekhasan
22. Kongres
Pemuda Indonesia diketuai oleh
A. Sugondo
Joyopuspito
B. Mohammad
Yamin
C. Ir.
Soekarno
D. Soepomo
23. Organisasi
modern pertama di Indonesia adalah…
A. Boedi
Oetomo C. Jong Java
B. Tri
Koro Dharmo D. Jong Celebes
24. Gambar
di bawah ini adalah tokoh pemuda setelah Boedi Utomo yang bernama...
A. Wolter
Monginsidi
B. Sam
Ratulangi.
C. Soekarno,
D. Bahder
Johan
25. Tokoh
yang dilahirkan melalui Sumateranen Bond antara lain sebagai berikut, keuali
A. Moh.
Hatta, C. Sam Ratulangi.
B. Moh.
Yamin, D. Bahder Johan.
26. Bahasa
Indonesia dinyatakan sebagai bahasa Negara dalam UUD 45 pasal
A. 34 C. 36
B. 35 D. 37
27.
Bendera Negara
Kesatuan Republik Indonesia yang selanjutnya disebut Bendera Negara adalah Sang
Merah Putih. Bendera Negara Sang Merah Putih berbentuk empat persegi panjang
dengan ukuran lebar 2/3 (dua-pertiga) dari panjang serta bagian atas berwarna
merah dan bagian bawah berwarna putih yang kedua bagiannya berukuran sama
Setiap orang dilarang melakukan sebagai berikut, kecuali
A. merusak,
menyobek, menginjak-injak, membakar, atau melakukan perbuatan lain dengan
maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan bendera negara;
B. memakai
bendera negara untuk hari agama
C.
mengibarkan
bendera negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam;
D.
mencetak,
menyulam, dan menulis huruf, angka, gambar atau tanda lain dan memasang lencana atau benda apa pun pada
bendera negara
28. Ketentuan
bendera Indonesia dicantumkan dalam UUD 1945 psl
A. 34 C. 36
B. 35 D. 37
29. UU
No 24 tahun 2009 tentang
A.
Bendera, Bahasa,
dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan
B.
Kepemudaan
C.
Organisasi
kemasyarakatan
D.
Organisasi
Politik
30.
Lagu Kebangsaan
adalah lagu Indonesia Raya yang diciptakan oleh Wage Rudolf
Supratman.
Lagu Kebangsaan wajib diperdengarkan dan/atau dinyanyikan ,antara lain sebagai
berikut kecuali
A.
Untuk menghormati presiden dan/atau wakil presiden
serta bendera negara pada waktu
pengibaran atau penurunan Bendera Negara yang diadakan dalam upacara.
B.
Dalam acara resmi yang diselenggarakan oleh pemerintah.
C.
Dalam acara ataupun kompetisi ilmu pengetahuan,
teknologi, Olah raga inter-
nasional dan seni internasional
yang diselenggarakan di Indonesia, dan lain
sebagainya
D.
Dalam acara informal yang diselenggarakan oleh
pemerintah.
31. Bendera
pusaka sekarang disimpan di
A.
Museum Gajah
B.
Museum Nasional
C.
Museum Ronggowarsito
D.
Museum Mandala
Bakti
32. Bendera
negara Sang Merah Putih dapat dikibarkan
dan/atau dipasang pada tempat-tempat berikut, kecuali…
A. kendaraan atau mobil dinas;
B. pertemuan resmi pemerintah dan/atau organisasi;
C. perayaan ulang tahun
D. pertandingan olahraga;
33. Bahasa
Indonesia berfungsi sebagai berikut, kecuali…
A. alat komunikasi dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara.
B.
Bahasa Indonesia
tidak hanya digunakan sebagai bahasa resmi dalam penyelenggaraan kehidupan negara dan pemerintahan,
C.
Sebagai bahasa
pengantar pada jenis dan jenjang pendidikan, sebagai bahasa perhubungan
nasional (terutama dalam kaitannya dengan perencanaan dan pelaksanaan
pembangunan nasional),
D. Sarana pembinaan dan pengembangan kebudayaan daerah
34. Lagu
Indonesia raya pertama kali dinyanyikan pada tanggal …
A.
28 Oktober 2028
B.
17 Agustus 1945
C.
1 Juni 1945
D.
1 Oktober 1966
35. Tujuan
siswa menyanyikan lagu Indonesia Raya setiap pagi adalah
A.
menanamkan nasionalisme sejak dini.
B.
menanamkan nasionalisme sejak bayi
C.
menanamkan patriotisme sejak bayi.
D.
Menanamkan jurnalisme sejak dini.
36. Berikut
bangsa-bangsa dari Eropa yang pernah menjajah Indonesia, kecuali..
A.
Belanda
B.
Portugis
C.
Inggris
D.
Perancis
37.
Pemuda adalah
mereka yang memiliki keinginan kuat, semangat tinggi, cita-cita yang
digantungkan di bintang, memiliki semangat yang terus berkobar. Pemuda adalah
mereka yang berjuang dengan semangat menggapai nilai-nilai luhur bangsa dan
agamanya. Pemuda adalah mereka yang mempunyai cita-cita dan bersungguh-sungguh
untuk mewujudkannya. Pemuda adalah mereka yang terus melakukan perubahan, mulai
dari perubahan diri, keluarga, masyarakat, bangsa, negara dan agama. Pemuda
merupakan generasi penerus, generasi pengganti dan generasi pembaharu pendahulu
mereka.
Pengertian Pemuda
menurut UU No 40 tahun 2009 adalah
A. warga negara Indonesia yang memasuki periode penting
pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 (enam belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun.
B.
warga negara Indonesia
yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 17
(enam belas) sampai 30 (tiga puluh)
tahun
C.
warga negara Indonesia
yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16
(enam belas) sampai 32 (tiga puluh)
tahun
D.
warga negara Indonesia
yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 17
(enam belas) sampai 33 (tiga puluh)
tahun
38. Dua
(2) kerajaan di Indonesia yang pernah mengalami kejayaan atau jaman keemasan
yaitu
A.
Sriwijaya dan Mataram
B.
Mataram dan Majapahit
C.
Sriwijaya dan Majapahit
D.
Majapahit dan Singosari
39. Sarjana
Indonesia yang pertama menggunakan istilah Indonesia adalah
A.
Sugondo Joyopuspito
B.
Mohammad Yamin
C.
Ir. Soekarno
D.
Ki Hajar Dewantoro
40.
Para pendiri
negara merupakan contoh yang baik dari orang-orang yang memiliki semangat yang
kuat dalam membuat perubahan, yaitu perubahan dari negara terjajah menjadi
negara yang merdeka dan sejajar dengan negara-negara lain di dunia. Salah satu
pendiri negara memiliki semangat untuk memperbaiki kehidupan yang lebih baik
bagi diri, bangsa, dan Negara sekaligus proklamator adalah antara lain…
A. Moh Hatta dan
Soepomo
B. Soekarno dan Soeharto
C. Soekarno dan
Hatta
D. Soekarno dan Moh Yamin
A. Jawablah pertanyaan di bawah ini secara
singkat dan tepat
1.
Tujuan penjelajahan samodera dikenal dengan 3G. Sebutkan
dan jelaskan
2.
Sebukan fungsi bahasa Indonesia
3.
Sebutkan kemunduran jiwa dan semangat kebangsaan pada
generasi muda sekarang ini
4. Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 bukan hanya
menggerakkan para pemuda untuk meraih kemerdekaan, tetapi juga mempertegas jati
diri bangsa Indonesia sebagai sebuah negara. Sumpah Pemuda telah menjadi jiwa
dan semangat yang terus terpatri dalam hati sanubari para pemuda. Suatu
semangat yang dibangun atas dasar kesamaan nasib dan cita-cita, yang kemudian
dibungkus dengan komitmen untuk senasib sepenanggungan sebagai satu
bangsa, satu tanah air yang pertama-tama ditandai
dengan disepakatinya bahasa universal antarbangsa, bahasa Indonesia.
Sebutkan bunyi
Sumpah Pemuda yang benar dan beri pejelasan seperlunya
5. Perjuangan pemuda di masa lalu, tentulah berbeda
dengan perjuangan generasi muda zaman sekarang. Pemuda zaman sekarang hidup
dengan aman dan bebas, tidak ada tekanan dan peperangan. Dalam menuntut ilmu
pun, semua warga negara dapat mendapatkan pendidikan yang sama dan sederajat.
Tidak terlalu sulitnya tantangan yang dihadapi pemuda sekarang, hal yang
dibutuhkan dari peran generasi muda, yaitu isi kemerdekaan ini dengan
kegiatan-kegiatan yang bersifat positif. Sebutkan 4 (empat) kegiatan positif
pelajar dalam upaya mengisi kemerdekaan
No comments:
Post a Comment