Tuesday 7 May 2019

PAT PPKn Kls 8 - Latihan Soal


A.       Pilihlah jawaban yang paling benar dan tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada lembar jawaban yang tersedia!

1.         Bangsa Eropa datang/menjajah ke Indonesia dengan tujuan
A.    Mencari harta karun                                                C.  Mencari rempah rempah
B.     Mencari intan permata                                            D.  Melakukan perburuan binatang

2.         Tujuan penjelajahan samodera bangsa Eropa dikenal denga istilah 3 G. Salah satu dari 3 G adalah Glory artinya…
A.    Mencari rempah-rempah                                         C.  Menari tanah jajahan
B.     Menyebarkan  agama Nasrani                                D.  Mencari emas

3.         Buku “History of Java” adalah buku peninggalan penjajahan bangsa…
A.    Belanda                                                                  C.  Spanyol
B.     Portugis                                                                  D.  Inggris

4.         Tindakan Van Den Bosh di Indonesia dalam rangka mengisi kas Belanda yang kosong  yaitu dengan…
A.    Tanam paksa                                                           C. Membuat jalan Anyer – Panarukan
B.     Membagi Indonesia menjadi 16 karesidenan         D. Mengusulkan politik balas budi

5.         Tokoh perlawanan wanita dalam menghadapi Belanda yang  berasal dari Maluku adalah.
A.    Cut Nyak Dhien                                                     C.  Martha Christina Tiahahu
B.     Cut Mutia                                                               D.  Dewi Sartika

6.         Tokoh Belanda yang menulis buku “Max Havelaar” yaitu…
A.    Multatuli                                                                 C.  Van Den Bosh
B.     Van Der Capellen                                                   D.  Daendels

7.         Dampak politik balas budi dalam bidang pendidikan muncul…
A.    Kaum buruh                                                            C.  Kaum pedagang
B.     Kaum terpelajar                                                      D.  Kaum bangsawan

8.         Berikut bukan peninggalan penjajah Belanda yang  selama menjajah negara Indonesia yang berada di kota Semarang adalah…
A.    Lawang sewu                                                         C.  Gereja Blenduk
B.     Kota Lama                                                              D.  Kota Tua

9.         Tokoh Belanda yang membuat jalan dari Anyer sampai Panarukan adalah…
A.    Van Den Bosh                                                        C.  Van Der Capelen
B.     Douwes Dekker                                                      D.  Daendels






10.     Tanam paksa diterapkan penjajah Belanda dengan tujuan…
A.    Mengisi kas Belanda yang kosong                        
B.     Menambah kekayaan pejabat Belanda
C.     Membantu kesejahteraan rakyat Indonesia
D.    Untuk menambah penghasilan pegawai Belanda

11.     Istilah lain tanam paksa yaitu
A.    Culturbudaya                                                          C.  Culturpaksa
B.     Stelselcultur                                                            D.  Culturstelsel

12.     Tokoh laki-laki yang melakukan perlawanan dari Aceh adalah…
A.    Christina Marta Tiahahu                                         C.  Cut Nyak Dhien
B.     Cut Meriska                                                            D.  Teuku Umar

13.     Tokoh perlawanan wanita dari Maluku adalah
A.    Christina Marta Tiahahu                                         C.  Cut Nyak Dhien
B.     Cut Meriska                                                            D.  Ibu Kartini

14.     Perjuangan para pahlawan sebelum tahun 1908 mengalami kegagalan melawan penjajah  karena beberapa hal, kecuali…
A.    Kalah persenjataan                                                 C.  Bergantung pemimpin
B.     Bersifat kedaerahan                                                D.  Senjatanya modern

15.     Edukasi dalam politik balas budi yang dilaksanakan pemerintah Belanda dalam praktiknya adalah…
A.    Untukmemenuhi pegawai rendahan  perusahaan Belanda di Indonesia
B.     Untuk mengairi sawah rakyat
C.     Untuk mencerdaskan rakyat Jawa
D.    Mensejahterakan rakyat di pulau Jawa

16.     Transmigrasi atau emigrasi  dalam politik balas budi yang dilaksanakan pemerintah Belanda dalam praktiknya adalah…
A.    Untuk mengairi perkebunan Belanda
B.     Untuk mengairi sawah rakyat
C.     Untuk memenuhi pekerja diperusahaan Belanda
D.    Mensejahterakan rakyat di pulau Jawa

17.     Tokoh-tokoh Belanda yang sadar perlunya berbalas budi terhadap Indonesia akibat penjajahan yang dilakukan Belanda adalah sebagai berikut, kecuali
A.    Douwes Dekker                                                      C.  Baron Van Hovel
B.     Van Deventer                                                         D.  Van Den Bosh

18.     Dampak politik balas budi dalam bidang pendidikan muncul…
A.    Pedagang                                                                C.  Terpelajar
B.     Saudagar                                                                 D.  Berjuis

19.     Organisasi modern pertama di Indonesia adalah…
A.    Boedi Utomo                                                          C.  Jong Java
B.     Tri Koro Dharmo                                                    D.  Sumpah Pemuda

20.     Alasan bahasa Melayu dipilih sebagai bahasa persatuan
A.    Mudah dipelajari
B.     Tidak mengenal tigkatan dalam pemakaian
C.     Sudah dipakai sebagian penduduk Indonesia
D.    Sulit dalam pemakaian






21.     Sumpah Pemuda mengubah perjuangan lokal/kedaerahan menjadi perjuangan yang bersifat…
A.    Nasional                                                                  C.  Kekhususan
B.     Kedaerahan                                                                        D.  Kekhasan

22.     Kongres Pemuda Indonesia diketuai oleh
A.    Sugondo Joyopuspito
B.     Mohammad Yamin
C.     Ir. Soekarno
D.    Soepomo

23.     Organisasi modern pertama di Indonesia adalah…
A.    Boedi Oetomo                                                        C.  Jong Java
B.     Tri Koro Dharmo                                                    D.  Jong Celebes

24.     Gambar di bawah ini adalah tokoh pemuda setelah Boedi Utomo yang bernama...
A.    Wolter Monginsidi                                                
B.     Sam Ratulangi.
C.     Soekarno,                                                   
D.    Bahder Johan




25.     Tokoh yang dilahirkan melalui Sumateranen Bond antara lain sebagai berikut, keuali
A.    Moh. Hatta,                                                            C.  Sam Ratulangi.
B.     Moh. Yamin,                                                          D.  Bahder Johan.

26.     Bahasa Indonesia dinyatakan sebagai bahasa Negara dalam UUD 45 pasal
A.    34                                                                            C.  36
B.     35                                                                            D.  37

27.    Bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia yang selanjutnya disebut Bendera Negara adalah Sang Merah Putih. Bendera Negara Sang Merah Putih berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran lebar 2/3 (dua-pertiga) dari panjang serta bagian atas berwarna merah dan bagian bawah berwarna putih yang kedua bagiannya berukuran sama
Setiap orang dilarang melakukan sebagai berikut, kecuali
A.    merusak, menyobek, menginjak-injak, membakar, atau melakukan perbuatan lain dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan bendera negara;
B.     memakai bendera negara untuk hari agama
C.     mengibarkan bendera negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam;
D.    mencetak, menyulam, dan menulis huruf, angka, gambar atau tanda lain dan  memasang lencana atau benda apa pun pada bendera negara

28.     Ketentuan bendera Indonesia dicantumkan dalam UUD 1945 psl
A.    34                                                                            C.  36
B.     35                                                                            D.  37

29.     UU No 24 tahun 2009  tentang
A.    Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan
B.     Kepemudaan
C.     Organisasi kemasyarakatan
D.    Organisasi Politik






30.    Lagu Kebangsaan adalah lagu Indonesia Raya yang diciptakan oleh Wage Rudolf
Supratman. Lagu Kebangsaan wajib diperdengarkan dan/atau dinyanyikan ,antara lain sebagai berikut kecuali
A.    Untuk menghormati presiden dan/atau wakil presiden serta bendera negara  pada waktu pengibaran atau penurunan Bendera Negara yang diadakan dalam  upacara.
B.     Dalam acara resmi yang diselenggarakan oleh pemerintah.
C.     Dalam acara ataupun kompetisi ilmu pengetahuan, teknologi, Olah raga inter-
nasional dan seni internasional yang diselenggarakan di Indonesia, dan lain
sebagainya
D.    Dalam acara informal yang diselenggarakan oleh pemerintah.

31.     Bendera pusaka sekarang disimpan di
A.    Museum Gajah
B.     Museum Nasional
C.     Museum Ronggowarsito
D.    Museum  Mandala Bakti

32.     Bendera negara Sang Merah Putih  dapat dikibarkan dan/atau dipasang pada tempat-tempat berikut, kecuali
A.    kendaraan atau mobil dinas;
B.     pertemuan resmi pemerintah dan/atau organisasi;
C.      perayaan  ulang tahun
D.    pertandingan olahraga;

33.     Bahasa Indonesia berfungsi sebagai berikut, kecuali
A.    alat komunikasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
B.     Bahasa Indonesia tidak hanya digunakan sebagai bahasa resmi dalam penyelenggaraan  kehidupan negara dan pemerintahan,
C.     Sebagai bahasa pengantar pada jenis dan jenjang pendidikan, sebagai bahasa perhubungan nasional (terutama dalam kaitannya dengan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan nasional),  
D.    Sarana pembinaan dan pengembangan kebudayaan daerah

34.     Lagu Indonesia raya pertama kali dinyanyikan pada tanggal …
A.    28 Oktober 2028
B.     17 Agustus 1945
C.     1 Juni 1945
D.    1 Oktober 1966

35.     Tujuan siswa menyanyikan lagu Indonesia Raya setiap pagi adalah
A.    menanamkan nasionalisme sejak dini.
B.     menanamkan nasionalisme sejak bayi
C.     menanamkan patriotisme sejak bayi.
D.    Menanamkan jurnalisme sejak dini.

36.     Berikut bangsa-bangsa dari Eropa yang pernah menjajah Indonesia, kecuali..
A.    Belanda
B.     Portugis
C.     Inggris
D.    Perancis










37.    Pemuda adalah mereka yang memiliki keinginan kuat, semangat tinggi, cita-cita yang digantungkan di bintang, memiliki semangat yang terus berkobar. Pemuda adalah mereka yang berjuang dengan semangat menggapai nilai-nilai luhur bangsa dan agamanya. Pemuda adalah mereka yang mempunyai cita-cita dan bersungguh-sungguh untuk mewujudkannya. Pemuda adalah mereka yang terus melakukan perubahan, mulai dari perubahan diri, keluarga, masyarakat, bangsa, negara dan agama. Pemuda merupakan generasi penerus, generasi pengganti dan generasi pembaharu pendahulu mereka.
Pengertian Pemuda menurut UU No 40 tahun 2009 adalah
A.    warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 (enam belas) sampai 30  (tiga puluh) tahun.
B.     warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 17 (enam belas) sampai 30  (tiga puluh) tahun
C.     warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 (enam belas) sampai 32  (tiga puluh) tahun
D.    warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 17 (enam belas) sampai 33  (tiga puluh) tahun

38.     Dua (2) kerajaan di Indonesia yang pernah mengalami kejayaan atau jaman keemasan yaitu
A.    Sriwijaya dan Mataram
B.     Mataram dan Majapahit
C.     Sriwijaya dan Majapahit
D.    Majapahit dan Singosari

39.     Sarjana Indonesia yang pertama menggunakan istilah Indonesia adalah
A.    Sugondo Joyopuspito
B.     Mohammad Yamin
C.     Ir. Soekarno
D.    Ki Hajar Dewantoro

40.    Para pendiri negara merupakan contoh yang baik dari orang-orang yang memiliki semangat yang kuat dalam membuat perubahan, yaitu perubahan dari negara terjajah menjadi negara yang merdeka dan sejajar dengan negara-negara lain di dunia. Salah satu pendiri negara memiliki semangat untuk memperbaiki kehidupan yang lebih baik bagi diri, bangsa, dan Negara sekaligus proklamator adalah antara lain…
A.    Moh Hatta  dan Soepomo
B.     Soekarno dan Soeharto
C.     Soekarno dan  Hatta
D.    Soekarno dan Moh Yamin

A.       Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat dan tepat
1.      Tujuan penjelajahan samodera dikenal dengan 3G. Sebutkan dan  jelaskan
2.      Sebukan fungsi bahasa Indonesia
3.      Sebutkan kemunduran jiwa dan semangat kebangsaan pada generasi muda sekarang ini
4.      Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 bukan hanya menggerakkan para pemuda untuk meraih kemerdekaan, tetapi juga mempertegas jati diri bangsa Indonesia sebagai sebuah negara. Sumpah Pemuda telah menjadi jiwa dan semangat yang terus terpatri dalam hati sanubari para pemuda. Suatu semangat yang dibangun atas dasar kesamaan nasib dan cita-cita, yang kemudian dibungkus dengan komitmen untuk senasib sepenanggungan sebagai satu
bangsa, satu tanah air yang pertama-tama ditandai dengan disepakatinya bahasa universal antarbangsa, bahasa Indonesia.
Sebutkan bunyi Sumpah Pemuda yang benar dan beri pejelasan seperlunya







5.      Perjuangan pemuda di masa lalu, tentulah berbeda dengan perjuangan generasi muda zaman sekarang. Pemuda zaman sekarang hidup dengan aman dan bebas, tidak ada tekanan dan peperangan. Dalam menuntut ilmu pun, semua warga negara dapat mendapatkan pendidikan yang sama dan sederajat. Tidak terlalu sulitnya tantangan yang dihadapi pemuda sekarang, hal yang dibutuhkan dari peran generasi muda, yaitu isi kemerdekaan ini dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat positif. Sebutkan 4 (empat) kegiatan positif pelajar dalam upaya mengisi kemerdekaan

No comments:

Post a Comment